Minggu, 18 Desember 2011 - 0 komentar

Rekor baru untuk kecepatan transfer data jaringan hingga 186 Gbps


Pada konferensi superkomputer di Seattle 2011, sebuah tim yang dipimpin oleh Institut Teknologi California (Caltech) membuat catatan baru yang membuka jendela ke masa depan web surfing dengan menetapkan 186 Gbps untuk transfer data antar jaringan komputer.

Tim terdiri dari para Fisikawan Internasional bidang Energi, ilmuwan dan insinyur jaringan komputer dari Caltech, University of Victoria, Universitas Michigan, Florida International University, Pusat Riset Nuklir untuk Eropa (CERN), dan beberapa mitra lainnya.

Kecepatan transfer 186 Gbps ini mengalahkan catatan rekor yang pernah dibuat pada tahun 2009 yaitu 119 Gbps. Rekor kecepatan yang dibuat tim, cukup cepat untuk mentransfer dua juta gigabyte data per hari atau sekitar 100.000 Blu-ray disk dengan komentar ekstra yang di kemas penuh per harinya.

Kecepatan transfer ini dicapai menggunakan sirkuit berkapasitas 100 Gbps yang didirikan oleh perusahaan non-profit yaitu BCNET dan CANAIRE. Kecepatan transfer 186 Gbps dicapai dengan menggabungkan data rate berkelanjutan antara pusat data di University of Victoria British Columbia dan di Seattle Convention Center dengan nilai transfer data 98 Gbps pada tingkat atas dan 88 Gbps ke tempat-tempat lain secara simultan. Demonstrasi besar ini juga dibuat dengan mentransfer data dari Seattle ke berbagai tempat di wilayah Amerika Serikat serta mitranya di Korea dan Brasil.

Menurut kepala tim Fisika Energi Profesor Harvey Newman: "Dengan memiliki alat-alat di tangan, memungkinkan kita untuk merealisasikan visi yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. Kita bisa melihat jalur yang jelas ke arah masa depan yang bahkan belum bisa dibayangkan oleh orang lain dengan keyakinan apapun."

0 komentar:

Posting Komentar